Radio: Soundtrackku!

Radio sebuah teknologi unik yang tidak lekang dimakan zaman. Mungkin radio adalah sebuah media yang sedari dulu bisa dinikmati oleh setiap orang dari berbagai kalangan, usia yang masih tetap istiqomah ada memancarkan gelombang positif nan informatif keseluruh penjuru. Masuk kesetiap telinga pendengarnya, memberi informasi dan mencanduinya.Karena radio merupakan media yang murah dan mudah didapat jadi sejak kecil aku sudah mengenalnya. Terutama ketika orang tuaku dulu setiap pagi sudah dengan kencangnya menyetel radio dalam siaran berita RRI.

Beranjak dewasa aku tidak lantas meninggalkan teknologi yang  kusebut unik ini. Swaragama fm lah menjadi salah satu radio yang  sering terdengar dalam telingaku, ya paling tidak  dalam satu dekade terakhir perjalanan hidupku.  Selalu setia mengudara dan berbicara menjadi teman setiap malam disaat belajar maupun ketika banyak tugas hingga lembur aku selalu menyetelnya. Sejak masih mengudara dalam frequensi lama hingga  kini menjadi  101,7FM. Sejak dari graha panca darma hingga di blok H-5. Nah inilah yang membekas dalam perjalanan hidupku, dari radio ini teriringi memori indah yang terukir dari waktu kewaktu, bersama lagu lagu yang ngehits silih berganti diperdengarkannya sampai suara announcernya yang khas. Dengan slogan “The Soundtract of Your Life” swaragama fm benar benar menjadi soundtrack hidupku.

Hal lain dari radio yang aku suka  adalah suara yang khas dari para announcernya, yang menimbulkan ekspektasi yang tinggi ketika membayangkan kehidupan nyatanya. Seorang penyiar menjelma menjadi seseorang yang serba tau dan terlihat sempurna dalam setiap pembawaanya. Hal ini juga menjadi bagian penting dalam hidupku, lewat motifasi dan kata-kata positif yang diucapkan dari para penyiar. Terutama ketika program ‘Dreamland’ yang berisi curhatan dan sharing dari para pendengar. Meskipun tidak sering saya terlibat langsung dalam curhatan dan sharing tersebut namun kisah-kisah dan cerita dari para pendengar yang lain juga cukup berarti untuk bisa diambil pelajaran. Program ini menjadi program favoritku karena memang jam siarnya yang pas banget jam 9-12 adalah jam-jam yang enak buat belajar. Hampir setiap malam ketika belajar sejak SMA dulu selalu mendengarkan dan gag mau ketinggalan dengan program ini hingga kini dibangku kuliah semester 6.

Sehingga tidak dipungkiri radio itu sendirilah yang menjadi soundtrack hidupku bersama dengan suara khas para penyiarnya, lagu-lagu yang diperdengarkannya, tagline-taglinenya, serta program-program kreatif lainnya.

One thought on “Radio: Soundtrackku!

  1. jaman dulu pas SMA saya malah suka ndengerinnya UTY FM :hammer:

    soalnya dulu musik yang diputer bener2 all around mulai dari power metal, metalcore, death metal, reggae, dan lain2. penyiarnya pun wawasan tentang musiknya juga bener2 manteb. tapi semenjak kuliah, mp3 dari laptop telah menggantikan peran radio.

    baru2 ini nyetel radio di frekuensi yg biasa UTY FM, kok kresek2. ternyata udah bubar. sayang sekali sampe saat ini belum ada stasiun radio lain yang muter musik all around kayak UTY FM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.