Week #1 KP

Saya akan mencoba share apa yang saya dan beberapa teman saya dapat selama kerja praktek di PT. Yokogawa Indonesia. karena tidak pintar bercerita dan terlalu sulit untuk mengungkapnya, maka akan aku rangkum ceritanya per week ya hehehe

benar adanya kalau KP ini merupakan rencanaku yang ke sekian, setelah mencoba mengajukan di beberapa perusahaan oil & gas lain yang menurut track recordnya menggiurkan, dan itulah rencana Allah, Dia yang merencanakan yg terbaik buat kita.

berawal dari Ian yang mengajak kita untuk ikut KP di Yokogawa, tanpa sanggahan berarti saya pun mengiyakannya karena setengah putus asa dengan penolakan sebelumnya. Yup setelah berproses dan apply dengan email, pada akhirnya mendapat sedikit pencerahan yaitu kita disuruh datang ke kantor Yokogawa di Wisma Aldiron Jln Gatot Subroto Kav 72 pada tanggal 30 November 2011. dengan kata lain KP kita hampir diterima disana, dengan ketentuan harus 2 bulan. Okedeh berangkat aja dulu, pasti ada jalan keluar dengan sedikit gambler dengan mengorbankan UAS disana.

Jadilah kita ber empat Aku, Isnan, Ian, Yogi berangkat 29/11/11 dari Lempuyangan dengan kereta ekonomi, dengan insiden aku ketinggalan kereta tepat saat kereta jalan, aku hanya bisa melongo di gerbang peron, sedikit banyak putus asa dan berpikir apa aku gag usah berangkat aja ya? kemudian pikiranku beralih ke bus dan terminal Giwangan, maka seketika itu aku yang diantarkan Miranda Yasella  langsung meluncur ke giwangan, dan tepat sebelum keberangkatan bus malam terakhir tujuan terakhir, dada bye bye jogja, dada bye bye you, lambaian tangan terakhir terlihat dari sela-sela kaca bus…

sesampainya dijakarta, aku yg kayak orang hilang, pindah dari satu tempat ke tempat tak tentu dan sempet puter-puter jakarta, ah hikmahnya adalah dengan cepat aku bisa cepat beradaptasi dengan jakarta dan tau rute busway dengan cepat. Siang tengah hari sampai juga aku dihalaman gerbang depan Wisma Aldiron dengan membawa tas carier 70 liter yang aku sendiri sudah kelelahan membopongnya,, bertanya satpam iya benar disinilah Yokogawa itu, lau dimana teman-temanku yang sudah sampai duluan? ah mereka ternyata sudah mendapatkan Kosan, dan menjemputku bukan dengan mobil atau taxi melainkan jalankaki ke arah kosan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kantor itu, oke kekosan dulu, mandi dan dandan dulu untuk kesan pertama kerja di perusahaan.

Selepas dzuhur 30/11/11, dengan baju terbaik yang saya bawa, kita berempat berangkat ke kantor, di frontoffice ditanya oleh mbak front office yang ramah belakangan saya tau namanya adalah mbak Tias , ada yang bisa saya bantu, mau mencari siapa? kami ungkapkan niat dan tujuan kami, oke tunggu sebentar ya… silahkan duduk, setelah beberapa saat menunggu kami dipertemukan dengan Ibu Utami HRD Yokogawa, kami kembali menceritakan maksut dan tujuan kami sekaligus nego waktu kalo kami sebenernya ada UAS pada january jadi kalo bisa KP kami 1 bulan saja, dan dari beliau menampung permohonan kami karena standar perusahaan bagi yang magang minimal harus 2 bulan, untuk menjaga standar dan  kualitas mahasiswa yang pernah KP disana.. dengan beberapa permintaan untuk melengkapi dokument dan CV kita dipersilahkan untuk memulai KP esok hari… well lega juga dengan tanggapan yang ramah dan menyenangkan dalam pertemuan pertama ini…

1 / 12/2011 hari pertama KP

Pagi hari kita berdandan rapi layaknya officer sungguhan, kita berjalan sedikit terheran heran dengan padat kota jakarta dipagi hari, tapi itu bukan masalah bagi kami, karena kami cukup jalan kaki sampai kantor jadi tidak merasakan keriweuhan di jalanan. Pertama kali kita dibuatkan hak akses sidik jari untuk masuk keruangan dan absen. wew keren juga nih, setiap mau masuk ruangan ada akses khusus menggunakan sidik jari kita yg udah di buat accountnya. Kemudian   kita diarahkan ke ruang Training PT Yokogawa, langsung bertemu bapak Kuntoro selaku manager, dan Ibu Febri selaku semacam kepala sekolah di training Yokogawa, kita diasuh langsung dibawah ibu Febri nantinya, Awal mula technical meeting dengan bapak Kuntoro beliau menjelaskan lingkup kerja di Industri terutama Yokogawa yang dibagi kedalam beberapa bagian diantaranya Control System (DCS); Subsystem-PLC ; Field Instruement (transmitter, flowmetter, controlvalve), Enterprise System, Analyzer, dan Safety System.

Karena negosiasi ulang dengan beliau akhirnya kita diputuskan untuk KP hanya sebulan saja dengan konsekuensi pemadatan materi dari semua bagian diatas. Agar lebih efektif kami dibagi menjadi dua kelompok aku dan Ian mengambil Control system (DCS), sedangkan Isnan dan Yogi mengambil Field Instrument. selebihnya materi yang lain akan dipelajari bersama.

2/12/2011 Jumat hari kedua KP

dalam keadaan yang masih agag ambigu kita disuruh ngapain, ditambah lagi bu febri selaku pembimbing langsung kami sedang mendapat banyak tamu dari perusahaan yang bekerja sama dengan Yokogawa diantaranya Chevron, Pertamina, Total dll beliau sedang riweuh memberikan training untuk koleganya, kami pun diajari mbak/bu lutfi untuk mengenal DCS yng digunakan di Yokogawa kita diajari installasi Centum VP. Menjelang sholat jumat, tiba-tiba datang Pak Yoyok Wiratmo salah satu orang dari service departement  di Yokogawa mengajak aku dan Ian yang tadinya mengambil DCS sebagai hal yg kita pilih untuk terlibat ikut langsung dalam project Yokogawa. Pak Yoyok yang sangat ramah dan rendah hati langsung bisa ngobrol banyak dengan kita, tidak disangka sebelumnya kami diajak ikut langsung dalam project PT Yokogawa dengan nama project SSNP Metering Gas & Liquid untuk memetering Flow dan Feed Gas serta metering LPG dan Condensate dengan end user PT Perta-Samtan Gas anak perusahaan PT Pertamina EP, dengan kontraktor PT Tripatra. dalam perjalanan pak Yoyok banyak bercerita begini, kita nanti akan bekerja sama dengan Yokogawa Singapura, ada dua orang asing disana Binoop dan Noura, jika ditanya kalian nanti jawab  aja pegawai baru Yokogawa gitu ya, dan kami pun hanya mengangguknya. Karena project ini project sungguhan dan bukan kelas magang maka kita pun nurut aja kata pak yoyok. Disitu kita berhadapan langsung dengan project yang sesungguhnya, kita bisa mengenal bagai mana sebuah project  itu dibuat, siapa itu end user, kontraktor, sub-kon dan lain lain..

Pekerjaan kita adalah membantu pak Yoyok dalam membangun system DCS nya, sebenernya ini adalah tgas departemen enggineering, karena ini project ini pak yoyok lah yang dipandang mampu jadi meskipun beliau orang service bilau yang menanganinya, yup seterusnya kita melanjutkan pembuatan DCS tersebut dibawah bimbingna beliau langsung. berikut project ini akan berlangsung 2 minggu saya selalu ikut ke site yang ada di wilayah Bekasi Barat, di PT BSP workshop sebagai tempat pembuatan pipe yang nantinya akan dibawa ke Lampung. Kegiatan selama dua minggu ini pagi berangkat kekantor untuk absen kemudian langsung meluncur ke site, dan baru pulang minimal jam 8 malam dari Bekasi, meskipun terkesan berat tapi karena ini merupakan pengalaman yang sangat berharga kali ya bisa ikut project langsung aku pun menjalaninya denga enjoy aja. Pulang jam segitu, pak yoyok pun selalu mengajtarkan kami pulang, baik ya beliau, namun karena arah rumah beliau tidak searah dengan arah rumahnya kita pun turun di daerang Cawang dilanjut pulang kekosan dengan naik taxi, wew berani sekali kami naik taxi, yup karena kita dikasih Voucher taxi blue bird, pernah juga kita naik taxi dari bekasi langsung ya kalo dihargai seharga kita makan seminggu lah tapi untungnya ada voucher hehehe.. yup itulah pengalaman awal KP di Yokogwa, tunggu kisah selanjutnya

 

8 thoughts on “Week #1 KP

  1. kuwi KP tekan jam 8 o Ge? mantab sekali

    walaupun ga jadi KP ke perusahaan oil dan gas, tapi akhirnya KP di perusahaan yang membuat alat2 mereka kan? 😀

  2. ada kog email HRD nya
    dian.rachmat[at]id.yokogawa.com
    cc:Utami.aprini[at]id.yokogawa.com

    semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.