Travel Photography

Dalam pictfest 2011 lalu yang digelar di fx sudirman jakarta, ada satu workshop yang sempet saya ikuti yang membahas mengenai Travel Photography dengan pembicara Jerry Bayu Putra atau yang biasa disapa Bang Jay dari studio 15 foto tebet jakarta.

Sering kali dalam sebuah perjalana, ingin juga kita membagi pengalaman yang kita dapat kepada orang lain. Salah satu media yang bisa digunakan untuk bercerita mengenai apa yang kita lakukan dalam perjalana adalah foto. Sekarang sangatlah mudah membuat sebuah foto baik dengan kamera dslr, pocket bahkan kamera ponsel. dan bisa dilakukan oleh setiap orang.

berikut sedikit tips dari bang jay biar foto foto yang kita ambil saat traveling atau melakukan perjalanan gag mengecewakan hasilnya dan bisa menarik untuk diceritakan dan dibagi ke pada kawan-kawan.

#1. terapkan Rule of third dan Point of Interest

singkat cerita Rule of Third adalah membagi frame gambar menjadi 3 bagian vertikal dan 3 bagian horizontal

prinsipnya gini

  • Walaupun tidak harus tepat benar, penempatan obyek dalam frame sebaiknya disesuaikan dengan pembagian tersebut
  • Usahakan untuk menempatkan bagian paling menarik dari obyek pada salah satu dari 4 titik perpotongan(ditandai dengan bulatan warna merah)

#2. the view point

maksutnya adalah memilih sudut pandang yang terbaik untuk mengambil objek foto. hal ini penting agar gambar yang dihasilkan bisa bercerita. Sangat disarankan untuk mengeksplore pengambilan gambar dari beberapa sudut pandang untuk satu objek.

#3. ADL (active day light) dan HTP (highlight tone priority)

fitur ini dapat ditemukan pada beberapa jenis kamera, yaitu sebuah fitur yang cukup membantu dalam pemotretan untuk memperbaiki nilai hight light dan sadow pada suatu objek. artinya kita mengerti fitur apa aja yang bisa digunakan pada kamare kita untuk kemudian bisa dieksplore lebih jauh dan bisa digunakan saat melakukan dokumentasi perjalanan.

#4. HDR (hight dinamic range)

fungsinya hampir sama dengan ADL dan HTP, bedanya disini menggunakan beberapa foto dengan eksposur berbeda yang digabungkan jadi satu menggunakan software. ada juga yang kamera tertentu yang sudah ada fitur ini. dapat juga dtemukan dalam aplikasi beberapa jenis ponsel berkamera.

selanjutnya udah nyampe kesimpulan aja nih bang jay bercerita, dia menyimpulkan beberapa hal:

1. persiapan yang matang dalam rencana traveling anda. Kadang dalam traveling kita gag pingen ribet dengan bawaan yang merepotkan, salah satunya kamera untuk dokumentasi. pilihlah kamera yang simple dan nyaman menurut anda.

2.what make a goog picture? selain berbicara mengani objek dan momentnya, foto yang baik adalah penempatan cahaya dan komposisi yang pas.

3. teknik foto yang tepat dapat menambah kualitas foto anda. mengerti teknik-teknik pemotretan dasar dapat menambah  kualitas foto kita lebih baik.

4. buat foto anda menceritakan perjalanan anda.

5. kamera hanyalah ALAT, dan intinya pada ANDA bagaimana dalam menggunakan alat tersebut. Artinya entah merek dan jenis apa kamera anda, tergantung bgaimana anda pintar pintar memakianya.

nah begitu sedikit tips tips travel photography yang diulas bag jay dari studio 15, cukup menarik dan memberi benak inspirasi. selanjutnya selamat ber”travelling” dan memfoto. Just shot what you see! 🙂

 

Salah satu workshop di Pictfest2011 @fx sudirman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.