Resahnya Seorang Sarjana Baru

Saya memang, sudah dikukuhkan lulus menjadi seorang Sarjana pada November 2012 lalu, hal itu tidak lantas membuat kehidupan seorang Sarjana selurus rambutnya Anggun C Sasmi. Kejenuhan saya pada dunia birokrasi kampus khususnya di elins, ugm, dan Indonesia membuat saya berpikir ulang untuk meneruskan kuliah. Mungkin suatu saat jika ada rejeki maupun beasiswa sekaligus mood saya sudah pulih saya mau kembali ke bangku kuliah.

Kehidupan setelah lulus,  menurut saya pribadi justru membuat beban moral tersendiri. Euforia kelulusan dan kelegaan memang terasa pada awalnya, namun tidak lebih dari seminggu. Setelahnya, kita hanya menjadi penyuplai angka pengangguran di negri ini jika kita hanya diam saja.

Saya memang merencanakan untuk semacam “Graduation Trip” setelah lulus, dengan perencanaan yang cukup matang meskipun modal pas-pasan juga nekat, bersama beberapa orang kawan kita ber-rekreasi yang kita sebut Kelana Nusa Tenggara. Opsi jalan darat lah yang kita pilih, rencananya menyusuri sampai batas timur Nusa Tenggara, namun terhenti di Labuan Bajo, Flores karena kita kehabisan bekal yang dari awal memang sudah pas pasan, Ahhirnya kita putuskan untuk pulang. Kita pun selamat sampai dirumah kembali setelah berkelana sekitar 10 hari.

Mengajar adik-adik di desa tempat tinggal saya menjadi kegiatan yang mengasyikkan tersendiri. Bagiku ini menjadi tempat berbagi, meskipun apa yang aku berikan tidaklah seberapa, namun melihat antusias adik-adik di desa saya untuk terus datang setiap pekannya, saya tersulut semangat untuk terus berbagi.

Kelas Inspirasi menjadi salah satu program voulenterism yang saya ikuti setelah lulus. Awalnya iseng mendaftar dari pada ‘nganggur’ namun kesempatan untuk bertemu teman-teman baru dari kalangan profesional membuat saya semakin semangat. Dari persiapan sampai hari H, kita saling berkoordinasi untuk berjalannya Hari Inspirasi. Bermacam backgroud profesi baru saya kenal, namun keberagaman itu justru menjadi hal yang kita cari untuk mengisi, memberikan inspirasi kepada adik-adik Sekolah Dasar. Meskipun cuma sehari, namun keikhlasan lah yang dibutuhkan untuk bisa terus memancarkan inspirasi yang nantinya akan berbuah jadi mimpi mimpi.

Seperti pada umumnya mahasiswa setelah lulus, aktifitas utama adalah memantengin kolom lowongan pekerjaan. Mencari peluang terbaik di perusahaan idaman. Sudah dari pertengahan tahun 2012 lalu saya sudah mulai mencari cari meskipun waktu itu belum lulus, hingga saat ini hampir 5 bulan setelah lulus belum ada yang nyantol di perusahaan idaman. Kalo boleh saya list perusahaan yang pernah saya apply (hampir seratus CV saya kirimkan) dan ikut proses seleksi (yang saya ingat) bisa lebih dari selusin  :

  1. Pertamina PHE ONWJ sampai psikotest
  2. Trackindo sampai FGD
  3. Pama Persada sampai psikotest
  4. Adaro sampai psikotes
  5. Astra Internasional sampai psikotest
  6. Astra Daihatsu sampai interview HRD
  7. TJB Power Service sampai teknikal test
  8. Elnusa sampai FGD
  9. Agit sampai psikotest
  10. Samsung sampai interview user
  11. Nutrifood sampai psikotest
  12. Quick sampai interview HRD
  13. BP sampai aptitude test
  14. Schlumberger sampai FGD
  15. DSME sampai interview user
  16. Elnusa (2) sampai interview user
  17. BPS Pertamina sampai test Inggris
  18. General Electric sampai HR interview call
  19. Cegelec Indokomas sampai offering

Pergolakan antara Idialisme dan Realita semakin hari semakin membuncak. Ketika yang kita usahakan belum mencapai hasil yang diharapkan, yang harusnya kita lakukan adalah tetap terus berusaha sekuat tenaga, berdoa setulus hati untuk menjemput rizki Allah yang telah ditentukan untuk kita oleh Nya.

Kunci kebahagian adalah “Mensyukuri yang kita punyai atas rizki Allah saat ini, Bersabar dengan ujian atau sesuatu yang belum kita dapati, dibarengi dengan kesegeraan untuk sadar diri/ Taubat atas segala dosa dan kesalahan yang kita perbuat”

Semoga kita semua senantiasa diberikan kemudahan dalam melakukan kebaikan, kemudahan mencari rizki yang halal, kemudahan yang mendekatkan diri kita pada Rabbul’alamin.

2 thoughts on “Resahnya Seorang Sarjana Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.