Perbedaan FAT dan SAT

Pertama kali mendengar kata FAT dan SAT adalah saat melaksanakan Kerja Praktek. Kedua kata itu memang membuat saya penasaran karena sering saya dengar dari pembimbing yang lagi mengerjakan tugas tersebut. Akhirnya kedua kata baru itu baru saya ketahui artinya setelah saya tanyakan langsung kepada pembimbing saya.

FAT = Factory Acceptance Testing
SAT = Site Acceptance Testing

Lantas apa yang dimaksut dari kedua istilah tersebut? *masih penasaran, berikut penjelasan singkat dari pembimbing KP saya:

FAT : proses pengujian sistem yang dibuat oleh vendor, sebelum peralatan/aplikasi bisa berjalan dan memastikan berfungsi sesuai pesanan. Pada uji fungsi ini dilakukan cukup ketat karena perlatan/aplikasi yang dipesan harus bisa berfungsi sesuai pesanan. Pada intinya FAT adalah pengujian fungsi sebelum keluar dari pintu vendor.

SAT adalah pengujian performa on site /dilokasi untuk memastikan peralatan/aplikasi berfungsi sesuai pesanan. Pada intinya SAT adalah pengujian yang dilakukan dilokasi pengguna, setelah peralatan/aplikasi dikirim sebelum dilakukan instlasi.

Nah sewaktu saya KP di PT. Yokogawa Indonesia yang notabene merupakan perusahaan vendor dari beberapa peralatan control syatem, saya diijinkan untuk bisa ikut proses FAT yang disitu dilakukan uji fungsi sistem oleh kontraktor sebagai pemesan barang dan user sebagai pemakai akhir atau empunya barang. Kejadian yang saya temui adalah memang pengujian waktu itu sangat ketat, artinya kontraktor mengawal pembuatan pemesanan yang dilakukan oleh vendor dengan cukup ketat. Berbeda dengan usernya yang tidak mau ambil pusing, mereka tau beres saja, dan sistem harus sesuai yang mereka pesankan.

Uji fungsinya kira kira (yg saya liat) antara lain adalah kalibarasi transmitter, apakah nilai transmitter bisa dibaca oleh control system dalam hal ini SCADA, dan apakah nilai yang ditunjukkan HMI sudah sesuai dengan nilai yang terbaca.

Nah itu tadi sedikit cerita pengalaman pertama saya ketika KP dapat kesempatan ikut FAT, dan untuk SAT tidak bisa bercerita banyak karena belum ada kesempatan ikut.

tambahan

menurut standar IEC 61511 tujuan dari FAT adalah untuk menguji uji fungsi dari Control System (SIS maupun PCS) termasuk Logic Solvernya juga software aplikasinya. Test ini dilakukan di fase akhir dari proses design maupun engineering sebelum dilakukan installasi akhir di plant. Beberapa test yang disarankan diantaranya:

  • apakah alat sesuai dengan spesifikasi baik ¬†dari segi Hardware maupun Software
  • apakah input dan output terhubung sesuai dengan drawing
  • kalibrasi dari alat sudah sesuai
  • output dan tindakannya sesuai dengan yang diinginkan
  • fungsi reset, alarm, shutdown, operator, baypass sudah sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan

One thought on “Perbedaan FAT dan SAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.