HMI dari SCADA Mengunakan Fast/Tools

SCADA (kependekan dari Supervisory Control And Data Acquisition) adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses, seperti proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik. Proses infrastruktur: penjernihan air minum dan distribusinya, pengolahan limbah, pipa gas dan minyak, distribusi tenaga listrik, sistem komunikasi yang kompleks, sistem peringatan dini dan sirine proses fasilitas: gedung, bandara, pelabuhan, stasiun ruang angkasa.

Beberapa contoh lain dari sistem SCADA ini banyak dijumpai di lapangan produksi minyak dan gas (Upstream), Jaringan Listrik Tegangan Tinggi dan Tegangan Menengah (Power Transmission and Distribution) dan beberapa aplikasi yang dipakai untuk memonitor dan mengontrol areal produksi yang cukup luas.

Suatu sistem SCADA biasanya terdiri dari:

  1. antarmuka manusia mesin (Human-Machine Interface)
  2. unit terminal jarak jauh yang menghubungkan beberapa sensor pengukuran dalam proses-proses di atas
  3. sistem pengawasan berbasis komputer untuk pengumpul data
  4. infrastruktur komunikasi yang menghuhungkan unit terminal jarak jauh dengan sistem pengawasan, dan
  5. PLC atau Programmable Logic Controller                    

 

Yang dimaksud dengan Supervisory Control atau Master Terminal Unit (MTU) adalah kendali yang dilakukan di atas kendali lokal atau Remote Terminal Unit (RTU), sebagai ilustrasi, pada suatu ladang minyak dan gas (Oil and Gas Field) ada beberapa sumur minyak (Oil Well) yang berproduksi. Hasil minyak mentah (Crude Oil) dari masing-masing sumur produksi tersebut dikumpulkan di stasium pengumpul atau Gathering Station (GS) di mana proses lanjutan terhadap minyak mentah yang terkumpul tersebut dilakukan. Biasanya pada masing-masing sumur minyak produksi terpasang suatu sistem (RTU) yang memonitor dan mengontrol beberapa kondisi dari sumur minyak produksi tersebut. Kendali lokal dilakukan pada masing-masing production well dan supervisory control yang berada di stasiun pengumpul, melakukan control dan monitoring kepada semua production well yang ada di bawah supervisi. Jika salah satu production well mengalami gangguan, dan stasiun pengumpul tetap harus memberikan dengan production rate tertentu, maka supervisory control akan melakukan koordinasi pada production well lainnya agar jumlah produksi bisa tetap dipertahankan.

Salah satu hal yang penting pada sistem SCADA adalah komunikasi data antara sistem remote ( remote station / RTU ) dengan pusat kendali. Komunikasi pada sistem SCADA mempergunakan protokol khusus, walaupun ada juga protokol umum yang dipergunakan. Protokol yang dipergunakan pada sistem SCADA untuk sistem tenaga listrik diantaranya :

  1. IEC Standar meliputi IEC 60870-5-101 yang berbasis serial komunikasi dan IEC 60870-5-104 yang berbasis komunikasi ethernet.
  2. DNP 3.0
  3. Modbus
  4. Proprietary solution, misalnya KIM LIPI, HNZ, INDACTIC, PROFIBUS dan lain-lain.

 

Dalam kasus yang saya temui selama Kerja Praktek, project yang bernama SSNP kali ini adalah membuat Sistem SCADA untuk proses pemantauan, control dan akuisisi data untuk Gas dan Liquid Sistem Metering yang akan digunakan oleh PT. Perta-Samtan Gas. Hal hal yang ada dalam system adalah flow feed dan lean gas serta flow liquid LPG dan Condensate. Dalam masing masing pengontrolan akan memonitoring diantanya temperature, tekanan, density, gas chromatograph dll dan beberapa parameter lain yang diterima dari transmitter.

Kemudian semua data diolah oleh alat yang bernama flowcomp yang kemudian bisa menampilkan data sesuai yang diinginka. Untuk mempermudah penggunaan operator maka dibuatlah HMI (Human Machine Interface). Protokol yang digunakan mengunakan protokol Modbus.

HMI

Human Machine Interface adalah sebuah interface atau tampilan penghubung antara manusia dengan mesin.HMI mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Memonitor keadaan yang ada di plant
  • Mengatur nilai pada parameter yang ada di plant
  • Mengambil tindakan yang sesuai dengan keadaan yang terjadi
  • Memunculkan tanda peringatan dengan menggunakan alarm jika terjadi sesuatu yang tidak normal
  • Menampilkan pola data kejadian yang ada di plant baik secara real time maupun historical (Trending history atau real time).

HMI memvisualisasikan kejadian, peristiwa, atau pun proses yang sedang terjadi di plant secara nyata sehingga dengan HMI operator lebih mudah dalam melakukan pekerjaan fisik (Irvine, 2001). Biasanya HMI digunakan juga untuk menunjukkan kesalahan mesin, status mesin, memudahkan operator untuk memulai dan menghentikan operasi, serta memonitor beberapa part pada lantai produksi. Dalam pembuatan HMI kali ini menggunakan Software milik Yokogawa sendiri yaitu Fast/Tool.

 

FAST/TOOLS

Fast/Tools adalah SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) yang dimiliki oleh Yokogawa. Dengan rilis terbaru Fast/Tool R9.04, sekarang memungkinkan untuk merekam dan  menampilkan HMI secara real time. Berfungsi banyak seperti perekam, ini memungkinkan pemutaran layar disinkronkan dengan alarm dan peristiwa serta data proses dan tren, dan mencakup semua trek mouse dan stroke keyboard yang relevan. Data rekaman video dapat digunakan untuk analisis sebab-akibat, pelatihan operator, dan simulasi untuk meningkatkan keselamatan secara keseluruhan, keamanan, dan kepatuhan terhadap peraturan. Ini menambahkan dimensi baru yang signifikan untuk kemampuan software ini, yang sudah termasuk audit yang trailing dan fungsi diagnostik.

Playback dapat menjadi alat yang ampuh dalam aplikasi berikut:

  • Pelatihan operator

Rekaman dapat khusus dibuat untuk kursus pelatihan. Sesi pelatihan juga dapat direkam, memungkinkan peserta untuk meninjau tindakan mereka dan lebih baik belajar bagaimana untuk menangani kondisi proses tertentu dan mencegah kesalahan yang dapat mempengaruhi output dan / atau kualitas.

  • Bantuan oleh spesialis

Sebuah operator remote atau ahli proses dapat menjadi informasi lebih baik tentang kronologi kejadian dan interaksi operator selama proses marah dan memberikan saran disesuaikan untuk meningkatkan kecepatan pemulihan dan mengurangi dampak.

  • Dukungan perawatan

Operator dapat membuat rekaman setiap kali peralatan proses mulai kerusakan dan mengirim ini ke departemen pemeliharaan untuk konsultasi dan dukungan.

 

Keunggula Fast/Tools

  1. Fast/Tools adalah HMI yang berbasis web dan memungkinkan operator dengan mudah dan cepat menampilkan navigasi melalui operator seperti browser.
  2. Editor visualisasi baru dalam Fast/Tools berbasis web HMI dan menggunakan scalable vector grafis (SVG) yang memungkin bentuk dan simbol yang dapat diubah sesuia kebutuhan.
  3. Dengan Fast/Tools dapat membuka konfigurasi dan menambah hardware tanpa perlu me reboot sehingga bermanfaat untuk modifikasi dan ekspansi masa depan.
  4. Degan atarmuka terbuka pada Fast/Tools dapat menghubungkan antar hardware ke produk lain karena memiliki banyak protocol driver yang siap digunakan.
  5. Dapat degan mudah meng eksport data ke MS Exel untuk tujuan pelaporan

 

 APLIKASI HMI DENGAN FAST/TOOLS

Dalam pembuatan aplikasi HMI menggunakan Fast/Tools menggunakan Enginering Module untuk memasukkan alamat penginputan data.

 

Interface yang ditampilkan dalam HMI ini antara lain:

  • Overview
  • Alarm
  • Trend
  • Dll

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.