Harvest on One Day

Ketika musim panen tiba, ini adalah hal hal yang paling ditunggu oleh para petani. Mereka sangat mengharapkan limpahan dari hasil cocok tanam mereka. Mungkin keberadaan mereka dianggap kampungan dan tidak mengikuti perkembangan jaman. Tapi apa jadinya kita semua tanpa jerih payah para petani? Merekalah  yang menanam padi, yang kemudian padi menjadi beras yang biasa kita makan. Itulah yang melatar belakangi dibuatnya video timelipse singkat ini. Berikut adalah suatu potret kegiatan para petani saat melakukan panen padi.

Video ini dibuat menggunakan divice senjata andalan saya, ya karena memang gag punya yang lain (gagpunya DSLR) hehehe. Saya mencoba memanfaatkan apa yang saya punyai. HP HTC Nexus One dengan aplikasi LipseIt. Di aplikasi ini sudah ada intervalometernya yang bisa kita set setiap berapa detik sekali akan menjepret. Kemudian juga ada fasilitas rendernya. Jadi bisa dibilang video ini dibuat dengan device android,

Dalam pembuatan video ini terjadi insiden yang sangat menyedihkan ketika take scene yaitu HP saya jatuh dari ketinggian 3 meter dengan membentur genteng yang kemudian nyungsep di lumpur kering, ya masih untung lumpur kering. Hal tadi disebabkan tripotnya terlalu kecil untuk menopang HP saya. Tapi alhamdulillah tidak terjadi masalah yg berarti hanya sedikit lecet saja.

Karena konsep pertamanya mau dibikin kegiatan sehari penuh dari terbit sampai terbenam, tapi karena saya sudah putus asa karena HP yang nyungslep tadi, akhirnya cuma ngendon aja dimemori cukup lama. Akhirnya saya selesaikan saja apa adanya video ini dari pada njamur di SD card. Berikut hasilnya:

6 thoughts on “Harvest on One Day

  1. cihuy ndan videonya. seneng ane ngeliat gradasi matahari pas terbit n tenggelamnya, amazing! 😀

  2. ada ndan, cari aja di kaskus mini tripod buat HP gitu 🙂 nah intinya cuma penopang buat HP nya kalo tripotnya bisa pake tripot apa aja, kalo biar manteb sih pake tripot yg buat kamera” biasa gitu, tapi yang tak pake kemaren mini tripot jadi ‘glundung’ deh pas dipake 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.