Tag Archives: Yokogawa

Panggilan, pemantik nostalgi sahabat

Kemaren lusa sesaat saya menyeduh secangkir kopi di kantor, baru saja duduk kembali dari pantri, handphone saya bergetar. Sengaja saya silent memang. Muncul nomer dengan awalan 021- nampaknya bukan nomer pribadi juga bukan nomer yang sudah ada di kontakku. Penasaran saya, lalu kuangkat dengan suara lirih, gag enak saya karena meja pak bos pun tidak terlalu jauh dari meja saya.

“Halo dengan Mas Teguh Budi Pratomo”, sapanya dari sana, “gini mas, saya bla-bla-bla-bla”  wew ternyata  ibu HRD tempat saya KP dulu (Yokogawa) menelpon, memang setelah lulus saya pernah menitipkan CV saya kepada pembimbing saya dulu. Kesan positif saat saya KP disana sih cukup enak dan ilmunya dapet. Namun andai saja telpon itu datang sebulan, dua bulan atau bahkan lima bulan yang lalu saya akan mempertimbangkan tawaranya, tapi ternyata tidak, hampir 5 bulan saya menunggu belum ada kabar juga. Malah justru saat ini ketika saya sudah mulai bekerja yang belum genap sebulan di perusahaan lain, baru datang telpon itu. Akhirnya saya jujur saja bahwa saya sudah mulai bekerja di perusahaan lain, mungkin dilain kesempatan bila Allah berkendak ya Bu!

Setelahnya saya jadi kepikiran dengan teman-teman KP saya dulu, apakabarnya ya mereka?

Isnan Rizki Novianto, teman curcol tentang apapun, teman sekamar waktu ngekos pas KP, karena kantong mahasiswa dan harus bisa tetap survive di ibukota maka sekamar diisi berdua. Katanya sih mirip Cristian Sugiono, tapi saya belum bisa membuktikannya, nyatanya cinta nya cukup berliku juga #eh, Kalo masalah karir cukup lancar dia, setelah kita lulus bareng, langsung deh dia ketrima di ADM.

Lain lagi dengan 2 sahabat KP saya ini, mereka beda kamar dengan Aku dan Isnan, Jadi kita KP bareng ber 4, nyewa kos 2 kamar.

Pryandana Wrestato, dia lah yang mengajak kita KP di Yokogawa, bagiku ini adalah tawaran menarik ketika saya hopeless setelah mendapat penolakan dari perusahaan lain, pria asal Gresik yang punya hobi Air Soft Gun ini juga kiper tim futsal kami.

Yogi Prayoga Sakti, anak Madiun yang jago futsal ini adalah andalan kami ketika futsal hingga tim kami bisa juara EC futsal 2 tahun berturut-turut.

Keningku agag mengkerut serius ketika kepikiran dengan kabar dua sahabat saya ini, gimana kabar kalian? Memang akhir-akhir ini saya begitu seringnya kepikiran dengan teman-teman, juga kepada kalian. Terakhir saya dengar kalian masih menyelesaikan skripsi kalian, saya yakin kalian masih semangat mengerjakannya, saya optimis kalian bisa melalui ini, ayo semangat bung! Saya harap kita bisa berfoto saat kalian wisuda, atau seenggag nya bisa melihat foto kalian wisuda. Saya selalu berdoa disini semoga yang terbaik untuk kita semua.

HMI dari SCADA Mengunakan Fast/Tools

SCADA (kependekan dari Supervisory Control And Data Acquisition) adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses, seperti proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik. Proses infrastruktur: penjernihan air minum dan distribusinya, pengolahan limbah, pipa gas dan minyak, distribusi tenaga listrik, sistem komunikasi yang kompleks, sistem peringatan dini dan sirine proses fasilitas: gedung, bandara, pelabuhan, stasiun ruang angkasa.

Beberapa contoh lain dari sistem SCADA ini banyak dijumpai di lapangan produksi minyak dan gas (Upstream), Jaringan Listrik Tegangan Tinggi dan Tegangan Menengah (Power Transmission and Distribution) dan beberapa aplikasi yang dipakai untuk memonitor dan mengontrol areal produksi yang cukup luas. Continue reading HMI dari SCADA Mengunakan Fast/Tools