Tag Archives: skripsi

Cerita Proposal Skripsi

Ada kebijakan baru di elins yaitu bagi yang ngambil skripsi harus menyerahkan proposal penelitian dulu yang kemudian di review oleh dosen dosen penguji, dari kebijakan ini niatnya bagus sih ada ginian, tapi ketika aturan baru ini ‘ teko-teko mak bedunduk’ di terapkan agag kaget juga sih. Kasian juga kemaren ada cerita temen gag jadi ambil skripsi semester ini karena telat sehari ngumpulin proposal, padahal udah KRS an 6 sks lho itu, coba hitung aja 6 sks x 75rb =450rb nah lho sia sia kan… untungnya dari pihak akademik sedikit bisa berbaik bisa membatalkan 6 sks itu meski udah gag masa revisi krs. Rugi yang lain adalah rugi waktu, dan harus ngambil di semester depan 🙁 Continue reading Cerita Proposal Skripsi

Serba serbi TA (Tugas Akhir)

Hari sabtu kemaren 21/5 HMEI mengadakan SG KP dan TA, namun karena pagi harinya berbarengan sama ada pengarahan PKM di GSP maka saya hanya bisa ngikuti SG TA nya. SG TA ini di sampaikan oleh Pak Triyogatama dan membahas mengenai serba serbi TA (tugas akhir). Banyak pesan dan saran disampaikan oleh beliau, nah loh semakin galau akademik saja nih, tentu tidak, harusnya setelah ikut SG ini bisa nambah sedikit wawasan mengenai TA dong… berikut sedikit yang bisa saya catet dari apa yang disampaikan beliau.

1. Niat –> dalam menempuh TA hal yang pertama harus dipunyai adalah niat dan tekad yang kuat.

2. Cari dosen yang cocok, dan sesuai dengan bidang yang akan kita ambil, namun sebelum jauh kesitu bagi yang belum punya ide bisa tanya tanya ide ke para dosen lho.

3. Cari referensi di perpus baik offline maupun online, liat di bab terakhir dari TA yang sudah ada cermati Kesimpulan dan Saran terlebih dahulu.

4. Tentukan Topik yang akan kita ambil, atau yang akan kita jadikan TA

5. PDKT dengan dosen yang kita anggep cucok ama kita dan topik kita hehe

6. Isi KRS dan ambil mata kuliah TA (6sks)

7. Ndaftar di sekre prodi, nanti dapat Log book (buku kemajuan pengerjaan TA)

8. Kerjakan dari yang termudah dan tentukan target selesainya contohnya maksimal 1 semester.

 

Nah kalo ini cara-cara dalam mengerjakan TA setelah menetukan topik

– tentukan literatur

– segera cari literatur

– tentukan tujuan

– rumuskan masalah

– tentukan  batasan masalah

– tulis bab 1 dan 2

– loncat bab 4 dan 5 (jangan ditulis) tetapi lakukan analisis kebutuhan, jawaban dari permasalahan, buat rancangan kasar (sketsa, rencana pengujian, dll), Implementasi, Uji coba jangan lupa dicatat hasilnya, dan perbaiki yang kurang.

– terakhir tulis semua bab : mencantumkan landasan teori, daftar pustaka sesuai, analisis sejelas-jelasnya, sertakan juga rancangan alat dan rancangan pengujian, data hasi pengujian ditulis.

– butlah kesimpulan yg tidak standarm tulis temuan-temuan yg tidak wajar pada saat melakukan penelitian.

 

Sarat dan ketentuan

– “Jika sakit berlanjut, segera hubungi dosen!

– Dalam menulis naskah, patuhi petunjuk yang ada pada buku panduan penulisan skripsi.

Jangan lupa

-minimal 6 kali bimbingan dengan dosen dalam 1 semester (paling gag yg tertulis dlm log book)

– paling tidak tiap bab 1 kali konsultasi

– perkuat pemahaman teori yang mendasar.

 

nah itu tadi serba serbi TA, semoga bermanfaat paling tidak bagi pribadi saya sendiri, semoga bisa lulus sesuai target dan harapan saya Amin.