Tag Archives: rumah

Aplikasi Inspirasi Desain Rumah

Ketika sedang berselancar mencari inspirasi saya menemukan website yang cukup kece menurut saya mengenai desain interior Houzz.com. Saya memang bukan anak arsitek atau desain. Tapi senang aja ketika melihat-lihat desain desain rumah, interior, exterior, dan segala keunikannya. Setidaknya bisa buat inspirasi ketika akan membangun atau merenovasi rumah kelak.

Yang uniknya situs ini menyediakan versi aplikasinya. Bisa di unduh di App Store. Karena penasaran, saya pun memasang aplikasi ini di gawai saya. Dan benar aplikasi ini menyuguhkan banyak inspirasi mengenai berbagai macam desain. Selain ada banyak referensi desain yang sudah di kategorikan dalam macam macam ruang, maupun tipe ruangan, kita juga bisa berkonsultasi dengan para pakar desainnya. Disitu juga di paparkan perkiraan harga item/ perabot yang unik unik.

Berikut sekilas tampilannya

Houzz

Salah satu yang menarik adalah kita dapat berlatih mendesain sendiri ruangan kita, dengan menempatkan perabotan dummy yang ada, kita tinggal mengaturnya.

 

Usang

Rumah usang dipinggir jalan, jauh dari keramaian. Jalan didepannya sudah jarang dilewati orang, karena kata orang-orang rumah itu berhantu. Rumah ini dulu mampu memberi keamanan dan kenyamanan bagi penghuninya. Atapnya yang sederhana itu meneduhkan ketika siang, menghangatkan ketika malam.Rumah itu tetap memberikan keteduhan meski dia diam dan tidak berkata pada penghuninyanya.

Malam dingin berganti pagi, lalu siang yang terik kemudian malam lagi. Hal itu yang dilalui menjadi ketetapan bak roda berputar, ia tetap menopang atap untuk berteduh tetap memberikan kenyamanan bagi penghuninya dan dia tetap diam. Pintunya masih bisa dibuka dengan lancar meski engselnya jarang diberi oli. Semakin rapuh dan usang menjadi hal wajar, apalagi suatu waktu yang lalu sempat terjadi gempa yang mengguncang beruntung tidak ambruk seperti rumah-rumah lain didaerah itu yang justru lebih mewah dan gedongan. Hanya terjadi retak kecil dibagian samping, namun dia tetap diam, tidak kemudian protes atau ngamuk pada penghuninya. Ia tetap memberikan keteduhan senyaman yang ia mampu berikan. Belum lagi fenomena alam lain seperti gunung meletus yang abunya memberatkan atapnya, dia tetap diam, menunggu hujan membersihkan atapnya. Angin kencang dan hujan badai yang baru baru ini terjadi membuat rumah ini semakin reot dan sepi, bahkan mungkin membuat penghuninya tidak nyaman lagi namun dia masih diam.

Apalagi kabar orang bahwa rumah itu berhantu telah sampai kepada penghuninya yang membulatkan tekad untuk pergi meninggalkan rumah itu. Penghuninya lebih mencari kenyamanan dan keteduhan di rumah lain, namun rumah itu tetap diam.

Dalam keusangannya rumah ini tetap diam, daun pintunya takmampu bicara, jendelanya hanya mampu mendengar dan membiarkan hembusan angin dan kabar masuk menyelinap dalam kesunyian karena telah ditinggal penguniinya. Yang mampu dia lakukan hanyalah mengharap kepada Tuhannya pemilik sesungguhnya rumah itu. “Semoga rumah ini bisa bersih, nyaman dan kokoh kembali sehingga para penghuninya kelak betah didalamnya” rintihnya dalam setiap doa.

Ia tetap diam dalam renungan, sepi tak berpenghuni, namun justru ini dia bisa beradu kasih dengan pemilik sesungguhnya. Ia tetap diam, pintu dan kuncinya masih sama, memberikan celah bagi yang mau menghuninya bahkan untuk penghuni lamanya yang meninggalkanya, karena dia sudah hafal kunci dan dari pintu mana dia harus masuk ke rumah usang yang diam.

Rumah Idaman

Pengen deh besok punya rumah yang minimalist terbuat dari kayu, dengan atap agag tinggi membuat ruangan terkesan semakin luas, syukur syukur bisa dua lantai, tidak banyak sekat di sana, yang ada gebyok kayu jati dengan ukiran naturalnya, dihalaman ada gazebo dan kolam ikannya, disamping rumah ada perpustakaan kecil dengan pagar rumah yang tidak terlalu tinggi mungkin bisa dengan pagar hidup seperti tanaman tetean diselingi tumbuhan perindang di halaman juga rumput hijau mewarnai halaman.

Continue reading Rumah Idaman